Rabu, 20 Februari 2013

Posted by Unknown On 19.29
 
Assalamualaikum wr.wb. Gimana nih sobat wos id tentang pembelajaran dari artikel sebelumnya yang bertemakan tentang edukasi? Apa kalian sudah paham dan bisa menerapkannya di cara pembelajaran kalian? Nah, ngomong-ngomong tentang artikel yang lalu sekarang kita mau membahas tentang manfaat teknologi dalam mengurangi penggunaan kertas. Sebelumnya kalian udah tau belum apa aja caranya? Kalau belum baca terus postingan ini sampai habis yaaa.



 Teknologi berperan penting juga dalam mengurangi penggunaan kertas. Kok bisa? Gimana caranya? Keuntungannya apa? Pasti kalian bingungkan kenapa bisa begitu. Sebelum kami kasih tau caranya nih, kalian udah tau belum apa bahan pembuatan kertas sehingga kita harus dapat menghematnya bahkan mengurangi penggunaannya?  Bahan pembuatan kertas adalah berasal dari kayu pohon, pohon yang ditebang lalu diproses sedemikian rupa. Dan akibat jika kita boros menggunakan kertas kalian tau kan apa? Makin berkurangnya beberapa jenis pohon maka dari itu kita harus bisa mengurangi atau paling tidak menghemat penggunaan kertas.



Berikut beberapa cara menghemat kertas :
1. Mencetak dua sisi kertas

2. Menggunakan kertas bekas

3. Salurkan sampah kertas ke pemulung atau industri kertas


4. memanfaatkan teknologi yang ada



 
1
Nah, sobat dari keempat cara diatas mana yang menurut kalian paling gampang diterapkan? Kalau menurut wos id yang keempat. Kenapa? Karena dari semuanya teknologi dapat mewakili semuanya. Coba sekarang kita kaitkan cara penggunaan kertas dengan teknologi kita sekarang ini. Dan coba ingat-ingat lagi tentang artikel sebelumnya disetiap artikel itu ada bertuliskan “mengurangi penggunaan kertas” contoh dengan kita menggunakan e-book, test online, dan absensi siswa elektronik itu sudah dapat mengurangi penggunaan kertas. Kenapa? Pertama dari cara penggunaan e-book atau buku elektronik, kertas yang biasanya digunakan untuk bahan cetakan sebuah buku yang dapat menghabiskan beratus bahkan beribu-ribu lembar kini tidak perlu lagi jika kita menggunakan e-book. Kedua test online, test atau ujian yang biasa kita laksanakan disekolah dapat menghabiskan banyak kertas untuk lembaran soal dan juga jawaban tapi dengan test online kita tidak usah repot-repot menulis soal atau jawaban pada kertas hanya tinggal mengisi soal yang telah tersedia saja dan cara pengecekan atau pemerikasaannya pun lebih gampang dan akurat. Ketiga absensi siswa elektronik, nah kalau yang ini bisa berguna untuk para guru atau staf mengajar untuk mengurangi penggunaan kertas, dengan absensi siswa elektronik ini para guru tidak usah repot lagi untuk menuliskan dan mendata siswa satu persatu hanya tinggal siswa saja yang mengisi daftar hadir pada sebuah absensi siswa elektronik dan udah dijamin kepastian dan ketepatan datangnya.

Selain ketiga teknologi diatas kita juga bisa menggunakan yang lain seperti misalnya microsoft word, notepad atau beberapa program pengolah kata lainnya yang dapat kita gunakan untuk mengganti penggunaan kertas yang biasa kita gunakan untuk mencatat suatu pelajaran. Dengan program tersebut kalian tinggal mengetikkan saja catatan pelajaran, rangkuman, rumus atau mungkin bisa juga curhatan kalian di program tersebut dan jika ada yang salah kalian tidak usah repot repot menghapusnya dengan penghapus atau tipe-x dan hasilnya pasti akan lebih bagus dan rapih.

Apa kalian masih suka bertukar surat dengan teman jauh kalian? Apa kalian masih menggunakan surat pribadi yang ditulis tangan? Ada cara lain untuk kalian yang ingin mengirim surat pribadi kalian kepada teman kalian yang jauh, dengan cara mengirim email. Caranya mudah, setelah kalian membuat email kalian sendiri kalian bisa mengirimkan surat kepada teman kalian yang ada diluar kota, luar pulau bahkan luar negeri hanya dalam waktu hitungan menit!!(kalau modemnya cepet hehe).

Dari semua program itu kita tidak hanya dapat mengurangi penggunaan kertas, tetapi kita bisa memperoleh banyak keuntungan seperti menghemat biaya, menghemat waktu dan lebih mudah diperoleh dan didapatkan dimana saja dan kapan saja. Nah sobat wos id gimana kalian tertarik gak buat menggunakan berbagai macam program komputer atau teknologi untuk mengurangi penggunaan kertas? Coba mulai terapkan untuk menyelamatkan bumi kita ini dari kegundulan hutan dan habisnya pohon.
 
sekian :D

0 komentar:

Posting Komentar